Sunday, September 13, 2009

to me is like an anthropology experience

Stavanger, Norwegia. Mungkin energi dari air yang membuat kami merasa lebih tenang. Festival yang diadakan di pinggir pantai dalam gedung bekas entah pabrik apa itu, membuat salah satu penonton mengatakan, "penampilan kalian adalah pertunjukan terbaik tahun ini!". Tapi kami kurang yakin. Jangan-jangan karena memang tidak terlalu banyak acara diadakan di sini.

Tur Norwegia dengan formasi benar-benar baru kali ini juga membawa kami ke pengalaman benar-benar baru pula. Tur musik kami ubah menjadi tur-istic day. Kami memutuskan untuk pergi ke Fjord. Fjord adalah air laut yang masuk sangat jauh ke daratan. Di sekitarnya terdapat tebing-tebing yang menantang langit. Sungguh indah. Kami ditemani oleh Petre yang akhirnya mengambil foto dari kami bertiga. Formasi Filastine yang tidak biasa.

Pada makan malam di apartemen Petre, barulah kami tahu terdapat banyak warga negara Eropa yang semuanya menggunakan bahasa "internasional" - inggris - yang bekerja untuk perusahaan minyak besar di Stavanger. Seperti di Indonesia? Balikpapan? Batam? Soroako? Atau malah Freeport? Seperti di kebanyakan tempat, ketika sebuah tempat dirusak dan digali habis sumber dayanya, orang lokal tidak akan terlalu peduli akan uang tebal yang disediakan oleh para inverstor dan pengusaha. Mungkin karena itu lebih banyak orang dari luar daerah diperkerjakan? Tidak perlu merasakan romantisme lokal yang ketika hilang mungkin akan menimbulkan kesedihan yang mendalam.

Fjord-Norway

:: Nova Ruth, Grey Filastine, Amelie Bouard

No comments:

Post a Comment